Description:
Universitas Sebelas Maret Surakarta mengembangkan sebuah mobil listrik yang diberi nama SmarT-EV.2. Untuk mengetahui unjuk kerja mobil ini maka berbagai penelitian dan pengujiandilakukan terhadap komponen dan sistem yang diaplikasikan pada mobil listrik ini. Paper ini
membahas pemodelan dan simulasi yang dilakukan untuk mengetahui unjuk kerja handling dari mobil Smart – EV.2 ini. Pemodelan dan simulasi yang dilakukan menggunakan software Matlab- Simulink. Pemodelan yang digunakan adalah model kendaraan 7 derajat kebebasan. Persamaan
gerak diturunkan berdasarkan prinsip hukum kedua Newton. Lima tipe pengujian kendaraan dilakukan untuk tujuan validasi model yaitu step steer 50 km/jam, double lane change 80 km/jam, slalom 30 km/jam, sudden braking 60 km/jam, dan sudden acceleration 20 km/jam. Masukan
gangguan yang dipakai pada pemodelan handling berupa gangguan pada arah lateral yaitu steer dan gangguan pada arah longitudinal yaitu pengereman dan percepatan yang diambil dari software CarSimEd. Simulasi ini mampu menampilkan respon percepatan lateral, percepatan longitudinal, pitch rate, yaw rate, roll angle, longitudinal slip, beban vertikal ban dan kecepatan mobil SmartTEV2. Hasil simulasi Matlab-Simulink kemudian divalidasi menggunakan software CarSimEd. Error hasil simulasi berkisar antara 5-15%. Berdasarkan analisa hasil simulasi, diperoleh bahwa desain mobil SmartT-EV.2 dapat melakukan semua manuver dengan aman kecuali manuver step steer karena memiliki kemungkinan mobil SmartT-EV.2 terguling. Jarak pengereman mobil SmartT-EV.2 pada sudden braking 60 km/jam adalah 32,4 meter.
Kata kunci : Mobil Listrik UNS, Pemodelan dan Simulasi Handling, Matlab-Simulink, CarSimEd