Repo Dosen ULM

PEMODELAN DAN SIMULASI DINAMIKA HANDLING MOBIL LISTRIK UNS GENERASI II

Show simple item record

dc.creator Pamungkas, Krinantyo
dc.creator Djoko Susilo, Didik
dc.creator Ubaidillah, Ubaidillah
dc.date 2015-10-07
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:56:28Z
dc.date.available 2020-06-15T03:56:28Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/756/1/MT%2045.pdf
dc.identifier Pamungkas, Krinantyo and Djoko Susilo, Didik and Ubaidillah, Ubaidillah (2015) PEMODELAN DAN SIMULASI DINAMIKA HANDLING MOBIL LISTRIK UNS GENERASI II. In: Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin Indonesia XIV, 7-8 OKTOBER 2015, BANJARMASIN.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/9261
dc.description Universitas Sebelas Maret Surakarta mengembangkan sebuah mobil listrik yang diberi nama SmarT-EV.2. Untuk mengetahui unjuk kerja mobil ini maka berbagai penelitian dan pengujiandilakukan terhadap komponen dan sistem yang diaplikasikan pada mobil listrik ini. Paper ini membahas pemodelan dan simulasi yang dilakukan untuk mengetahui unjuk kerja handling dari mobil Smart – EV.2 ini. Pemodelan dan simulasi yang dilakukan menggunakan software Matlab- Simulink. Pemodelan yang digunakan adalah model kendaraan 7 derajat kebebasan. Persamaan gerak diturunkan berdasarkan prinsip hukum kedua Newton. Lima tipe pengujian kendaraan dilakukan untuk tujuan validasi model yaitu step steer 50 km/jam, double lane change 80 km/jam, slalom 30 km/jam, sudden braking 60 km/jam, dan sudden acceleration 20 km/jam. Masukan gangguan yang dipakai pada pemodelan handling berupa gangguan pada arah lateral yaitu steer dan gangguan pada arah longitudinal yaitu pengereman dan percepatan yang diambil dari software CarSimEd. Simulasi ini mampu menampilkan respon percepatan lateral, percepatan longitudinal, pitch rate, yaw rate, roll angle, longitudinal slip, beban vertikal ban dan kecepatan mobil SmartTEV2. Hasil simulasi Matlab-Simulink kemudian divalidasi menggunakan software CarSimEd. Error hasil simulasi berkisar antara 5-15%. Berdasarkan analisa hasil simulasi, diperoleh bahwa desain mobil SmartT-EV.2 dapat melakukan semua manuver dengan aman kecuali manuver step steer karena memiliki kemungkinan mobil SmartT-EV.2 terguling. Jarak pengereman mobil SmartT-EV.2 pada sudden braking 60 km/jam adalah 32,4 meter. Kata kunci : Mobil Listrik UNS, Pemodelan dan Simulasi Handling, Matlab-Simulink, CarSimEd
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/756/
dc.subject TJ Mechanical engineering and machinery
dc.title PEMODELAN DAN SIMULASI DINAMIKA HANDLING MOBIL LISTRIK UNS GENERASI II
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account