Ulfah, Aliya; Kartika Putri, Cyndana; Safitri, Syifa Maharani; Pasani, Chairil Faif; Budiarti, Indah; Juhairiyah, Juhairiyah
Description:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal pilihan ganda untuk siswa SMA kelas XI materi irisan kerucut berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan dengan model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang terdiri dari fase pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Namun, penelitian ini tidak sampai tahap penyebaran. Kualitas produk yang dikembangkan berdasarkan kriteria perang-kat pembelajaran oleh Nieveen yaitu valid dan praktis. Kevalidan soal pilihan ganda yang dikembangkan didasarkan pada hasil validitas isi dan validitas empiris. Validitas isi didapat dari penilaian oleh validator yang terdiri dari teman sejawat, guru matematika, dan dosen. Validitas empiris didapat dari hasil uji coba soal pilihan ganda kepada siswa. Kepraktisan soal pilihan ganda dilihat dari reliabilitas, daya pembeda, dan kualitas pengecoh pada setiap butir soal yang dianalisis dari hasil uji coba kepada 67 siswa kelas XI. Hasil penelitian dan pengembangan didapat bahwa soal pilihan ganda yang dikembangkan adalah valid, baik isi maupun empiris. Penilaian dari validator mengenai keterbacaan dan kesesuaian dengan kisi-kisi soal HOTS diperoleh bahwa soal yang dikembangkan valid. Adapun berdasarkan data hasil uji coba soal didapatkan bahwa dari 40 soal yang dikembangkan terdapat 8 soal yang valid. Dari segi kepraktisan, berdasarkan hasil uji coba didapatkan bahwa kriteria reliabilitas berada pada skala sedang, daya pembeda berada pada kategori sangat baik hingga cukup, sedangkan kualitas pengecoh berada pada kategori sangat baik hingga kurang baik. Dengan demikian, didapatkan 8 soal yang valid dan praktis.
Kata kunci: soal pilihan ganda, irisan kerucut, higher order thinking skill, valid, praktis