Repo Dosen ULM

PENGEMBANGAN SOAL PILIHAN GANDA UNTUK SISWA SMA MATERI IRISAN KERUCUT BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL

Show simple item record

dc.creator Ulfah, Aliya
dc.creator Kartika Putri, Cyndana
dc.creator Safitri, Syifa Maharani
dc.creator Pasani, Chairil Faif
dc.creator Budiarti, Indah
dc.creator Juhairiyah, Juhairiyah
dc.date 2019-10
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:59:16Z
dc.date.available 2020-06-15T03:59:16Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/8796/1/21-%28199-201%29-ALIYA%20ULFAH-CYNDANA%20KARTIKA%20PUTRI-%20SYIFA%20MAHARANI%20SAFITRI-%20MAKALAH%20SENPIKA%20II.pdf
dc.identifier Ulfah, Aliya and Kartika Putri, Cyndana and Safitri, Syifa Maharani and Pasani, Chairil Faif and Budiarti, Indah and Juhairiyah, Juhairiyah (2019) PENGEMBANGAN SOAL PILIHAN GANDA UNTUK SISWA SMA MATERI IRISAN KERUCUT BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENPIKA) II - 2019, 12 Oktober 2019, Banjarmasin.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/11198
dc.description Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal pilihan ganda untuk siswa SMA kelas XI materi irisan kerucut berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan dengan model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang terdiri dari fase pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Namun, penelitian ini tidak sampai tahap penyebaran. Kualitas produk yang dikembangkan berdasarkan kriteria perang-kat pembelajaran oleh Nieveen yaitu valid dan praktis. Kevalidan soal pilihan ganda yang dikembangkan didasarkan pada hasil validitas isi dan validitas empiris. Validitas isi didapat dari penilaian oleh validator yang terdiri dari teman sejawat, guru matematika, dan dosen. Validitas empiris didapat dari hasil uji coba soal pilihan ganda kepada siswa. Kepraktisan soal pilihan ganda dilihat dari reliabilitas, daya pembeda, dan kualitas pengecoh pada setiap butir soal yang dianalisis dari hasil uji coba kepada 67 siswa kelas XI. Hasil penelitian dan pengembangan didapat bahwa soal pilihan ganda yang dikembangkan adalah valid, baik isi maupun empiris. Penilaian dari validator mengenai keterbacaan dan kesesuaian dengan kisi-kisi soal HOTS diperoleh bahwa soal yang dikembangkan valid. Adapun berdasarkan data hasil uji coba soal didapatkan bahwa dari 40 soal yang dikembangkan terdapat 8 soal yang valid. Dari segi kepraktisan, berdasarkan hasil uji coba didapatkan bahwa kriteria reliabilitas berada pada skala sedang, daya pembeda berada pada kategori sangat baik hingga cukup, sedangkan kualitas pengecoh berada pada kategori sangat baik hingga kurang baik. Dengan demikian, didapatkan 8 soal yang valid dan praktis. Kata kunci: soal pilihan ganda, irisan kerucut, higher order thinking skill, valid, praktis
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/8796/
dc.subject L Education (General)
dc.title PENGEMBANGAN SOAL PILIHAN GANDA UNTUK SISWA SMA MATERI IRISAN KERUCUT BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account