Description:
Sebagian siswa di kelas berdasarkan wawancara dengan guru matematika pada saat pembelajaran masih terlihat takut bertanya kepada guru, menunggu penjelasan guru, terbiasa belajar dengan contoh terlebih dahulu, kesulitan dalam mengingat materi belajar pada pertemuan sebelumnya dan terbiasa hanya berdiskusi dengan teman tertentu. Hal ini berdampak pula pada hasil belajar siswa yang pada semester sebelumnya, dimana siswa yang mencapai KKM hanya dikisaran 50%. Berdasarkan wawancara dengan siswa diperoleh bahwa pembela-jaran masih berpusat pada guru dan jarang menggunakan teknologi seperti smart-phone. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif Tipe STAD berbantuan Moodle. Metode pene-litian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2017-2018 berjumlah 32 orang. Lembar observasi dan tes merupakan instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan STAD berbantuan Moodle dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Kata kunci: STAD, MOODLE, Keaktifan, Hasil Belajar