Repo Dosen ULM

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA MOODLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA SMA

Show simple item record

dc.creator Eka S., Arya Bintara
dc.creator Fajriah, Noor
dc.date 2019-10
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:59:16Z
dc.date.available 2020-06-15T03:59:16Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/8794/1/19-%28179-188%29-Artikel%20Arya%20Bintara%20E.S.%20%26%20Noor%20Fajriah_Penerapan%20Model%20Pembelajaran%20Kooperatif%20Tipe%20STAD%20Berbantuan%20Moodle%20untuk%20Meningkatkan%20Keaktifan%20Siswa.pdf
dc.identifier Eka S., Arya Bintara and Fajriah, Noor (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA MOODLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA SMA. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENPIKA) II - 2019, 12 Oktober 2019, Banjarmasin.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/11194
dc.description Sebagian siswa di kelas berdasarkan wawancara dengan guru matematika pada saat pembelajaran masih terlihat takut bertanya kepada guru, menunggu penjelasan guru, terbiasa belajar dengan contoh terlebih dahulu, kesulitan dalam mengingat materi belajar pada pertemuan sebelumnya dan terbiasa hanya berdiskusi dengan teman tertentu. Hal ini berdampak pula pada hasil belajar siswa yang pada semester sebelumnya, dimana siswa yang mencapai KKM hanya dikisaran 50%. Berdasarkan wawancara dengan siswa diperoleh bahwa pembela-jaran masih berpusat pada guru dan jarang menggunakan teknologi seperti smart-phone. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif Tipe STAD berbantuan Moodle. Metode pene-litian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2017-2018 berjumlah 32 orang. Lembar observasi dan tes merupakan instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan STAD berbantuan Moodle dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Kata kunci: STAD, MOODLE, Keaktifan, Hasil Belajar
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/8794/
dc.subject L Education (General)
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA MOODLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA SMA
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account