Description:
Berdasarkan hasil pengamatan saat program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Banjarmasin, tidak sedikit dari siswa yang mengatakan tidak menyukai matematika dan mengeluhkan materi sulit, sehingga siswa tidak tertarik untuk memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh guru. Fakta ini memperlihatkan bahwa minat belajar matematikanya masih rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa tersebut yakni melalui penerapan model pembelajaran yang sesuai. Model pembelajaran ARIAS terdiri dari lima komponen, yaitu Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan Satisfaction yang disusun berdasarkan teori belajar. Kelima komponen tersebut merupakan satu kesatuan yang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran ARIAS dengan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Banjarmasin semester genap tahun pelajaran 2018/2019, yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran ARIAS, minat belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Banjarmasin mengalami peningkatan. Begitu pula dengan hasil belajar juga mengalami peningkatan berdasarkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar minimal.
Kata kunci: model pembelajaran ARIAS, minat belajar, hasil belajar