Repo Dosen ULM

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS

Show simple item record

dc.creator Anisah, Hana
dc.creator Fajriah, Noor
dc.date 2019-10
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:59:15Z
dc.date.available 2020-06-15T03:59:15Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/8786/1/12-%28114-122%29-Hana%20Anisah%2C%20Noor%20Fajriah%20-%20MENINGKATKAN%20MINAT%20BELAJAR%20SISWA%20SMA%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20MATEMATIKA%20MELALUI%20PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20ARIAS%20%28Assurance%2C%20Relevance%2C%20Interest%2C%20Assessment%2C%20Satisfaction%29.pdf
dc.identifier Anisah, Hana and Fajriah, Noor (2019) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENPIKA) II - 2019, 12 Oktober 2019, Banjarmasin.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/11176
dc.description Berdasarkan hasil pengamatan saat program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Banjarmasin, tidak sedikit dari siswa yang mengatakan tidak menyukai matematika dan mengeluhkan materi sulit, sehingga siswa tidak tertarik untuk memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh guru. Fakta ini memperlihatkan bahwa minat belajar matematikanya masih rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa tersebut yakni melalui penerapan model pembelajaran yang sesuai. Model pembelajaran ARIAS terdiri dari lima komponen, yaitu Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan Satisfaction yang disusun berdasarkan teori belajar. Kelima komponen tersebut merupakan satu kesatuan yang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran ARIAS dengan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Banjarmasin semester genap tahun pelajaran 2018/2019, yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran ARIAS, minat belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Banjarmasin mengalami peningkatan. Begitu pula dengan hasil belajar juga mengalami peningkatan berdasarkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar minimal. Kata kunci: model pembelajaran ARIAS, minat belajar, hasil belajar
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/8786/
dc.subject L Education (General)
dc.title MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account