Description:
Tujuan penelitian ini yaitu: menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa di SMAN 1 Sungai Pandan menggunakan soal HOTS. Metode yang diguna-kan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Sungai Pandan. Teknik pengum-pulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan tes dan kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan penalaran matematis siswa di SMAN 1 Sungai Pandan berada pada kategori sedang. Berdasarkan keempat indikator penalaran yang diukur yaitu: 1) Kemampuan menarik kesimpulan logis; 2) Kemampuan menyusun argumen yang valid; 3) Kemampuan memberikan penjelasan dengan menggunakan model, fakta, sifat-sifat, dan hubungan; dan 4) kemampuan memberikan jawaban dan proses solusi, semua berada pada kategori sedang.
Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, soal HOTS.