Repo Dosen ULM

ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI SMAN 1 SUNGAI PANDAN MENGGUNAKAN SOAL HOTS

Show simple item record

dc.creator Ramadhani, Muhammad
dc.creator Mawaddah, Siti
dc.creator Suryaningsih, Yuni
dc.date 2019-10
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:59:12Z
dc.date.available 2020-06-15T03:59:12Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/8772/1/11-%28107-113%29-revisifullpapersenpikaAnalisisKemampuanPenalaranMatematisSiswadiSMAN1SungaiPandan.pdf
dc.identifier Ramadhani, Muhammad and Mawaddah, Siti and Suryaningsih, Yuni (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI SMAN 1 SUNGAI PANDAN MENGGUNAKAN SOAL HOTS. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENPIKA) II - 2019, 12 Oktober 2019, Banjarmasin.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/11141
dc.description Tujuan penelitian ini yaitu: menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa di SMAN 1 Sungai Pandan menggunakan soal HOTS. Metode yang diguna-kan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Sungai Pandan. Teknik pengum-pulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan tes dan kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan penalaran matematis siswa di SMAN 1 Sungai Pandan berada pada kategori sedang. Berdasarkan keempat indikator penalaran yang diukur yaitu: 1) Kemampuan menarik kesimpulan logis; 2) Kemampuan menyusun argumen yang valid; 3) Kemampuan memberikan penjelasan dengan menggunakan model, fakta, sifat-sifat, dan hubungan; dan 4) kemampuan memberikan jawaban dan proses solusi, semua berada pada kategori sedang. Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, soal HOTS.
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/8772/
dc.subject L Education (General)
dc.title ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI SMAN 1 SUNGAI PANDAN MENGGUNAKAN SOAL HOTS
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account