Description:
Tingkat berpikir geometri merupakan kesanggupan siswa dalam memahami materi geometri dan mampu mengklasifikasikannya. Setiap siswa berada pada tahap berpikir geometri yang berbeda-beda. Mengukur tingkat berpikir geometri dapat dilihat dari kemampuan siswa melewati tahapan berpikir geometri yang telah ditemukan oleh Van Hiele. Tujuan dari penelitian ini yakni memaparkan capaian tingkat berpikir geometri siswa saat mengerjakan soal materi pokok bangun ruang sisi datar berdasarkan teori Van Hiele pada siswa kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Banjarmasin Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Banjarmasin Barat. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Materi soal yang digunakan adalah materi bangun ruang sisi datar. Hasil penelitian menunjukan beberapa siswa berada pada tahap visualisasi, analisis dan deduksi, hampir seluruh siswa berada pada tahap deduksi informal dan tidak ada satupun siswa yang berada pada tahap rigor. Kata kunci: tingkat berpikir geometri, teori Van Hiele.