Description:
Model pembelajaran kooperatif tipe TPS adalah model yang membuat peserta didik menanggapi serta saling membantu. TPS juga sangat berpotensi dalam membina karakter mandiri dan komunikatif siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membina karakter mandiri siswa melalui penerapan model kooperatif tipe TPS, (2) membina karakter komunikatif siswa melalui penerapan model kooperatif tipe TPS, (3) mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model kooperatif tipe TPS, (4) menganalisis hubungan antara karakter mandiri dan komunikatif dengan hasil belajar siswa melalui penerapan model kooperatif tipe TPS. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Eksperimen Semu dan desain Time Series di kelas VIII SMP Negeri 24 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data ada Tes dan observasi. Data yang didapat diuji melalui korelasi berganda. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: (1) penerapan model kooperatif tipe TPS dalam pembelajaran matematika dapat membina karakter mandiri siswa, (2) penerapan model kooperatif tipe TPS dalam pembelajaran matematika dapat membina karakter komunikatif siswa, (3) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat mengubah hasil siswa menjadi lebih baik dari pertemuan pertama dengan kategori kurang menjadi lebih baik pada pertemuan keenam, dan (4) terdapat hubungan positif antara karakter mandiri dan karakter komunikatif siswa dengan hasil belajar siswa. Kata kunci: model pembelajran kooperatif tipe TPS, mandiri, komunikatif, hasil belajar.