Repo Dosen ULM

Model Kooperatif Tipe TPS pada Pembelajaran Matematika untuk Membina Karakter Mandiri dan Komunikatif Siswa.

Show simple item record

dc.creator Husna, Khatimatul
dc.creator Pasani, Chairil Faif
dc.creator sari, asdini
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:58:14Z
dc.date.available 2020-06-15T03:58:14Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/5424/1/8-%2850-57%29-Husna%2C%20dkk%2C%20Model%20Kooperatif%20.....pdf
dc.identifier Husna, Khatimatul and Pasani, Chairil Faif and sari, asdini Model Kooperatif Tipe TPS pada Pembelajaran Matematika untuk Membina Karakter Mandiri dan Komunikatif Siswa. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENPIKA) 2018, 04-08-2018, Banjarmasin.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/10543
dc.description Model pembelajaran kooperatif tipe TPS adalah model yang membuat peserta didik menanggapi serta saling membantu. TPS juga sangat berpotensi dalam membina karakter mandiri dan komunikatif siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membina karakter mandiri siswa melalui penerapan model kooperatif tipe TPS, (2) membina karakter komunikatif siswa melalui penerapan model kooperatif tipe TPS, (3) mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model kooperatif tipe TPS, (4) menganalisis hubungan antara karakter mandiri dan komunikatif dengan hasil belajar siswa melalui penerapan model kooperatif tipe TPS. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Eksperimen Semu dan desain Time Series di kelas VIII SMP Negeri 24 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data ada Tes dan observasi. Data yang didapat diuji melalui korelasi berganda. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: (1) penerapan model kooperatif tipe TPS dalam pembelajaran matematika dapat membina karakter mandiri siswa, (2) penerapan model kooperatif tipe TPS dalam pembelajaran matematika dapat membina karakter komunikatif siswa, (3) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat mengubah hasil siswa menjadi lebih baik dari pertemuan pertama dengan kategori kurang menjadi lebih baik pada pertemuan keenam, dan (4) terdapat hubungan positif antara karakter mandiri dan karakter komunikatif siswa dengan hasil belajar siswa. Kata kunci: model pembelajran kooperatif tipe TPS, mandiri, komunikatif, hasil belajar.
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/5424/
dc.subject L Education (General)
dc.title Model Kooperatif Tipe TPS pada Pembelajaran Matematika untuk Membina Karakter Mandiri dan Komunikatif Siswa.
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account