Description:
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menerapkan tindakan yang tepat untuk menangani masalah yang terjadi di kelas dan 2) mengetahui terjadi peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran discovery. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2017/2018 dan menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas secara bersiklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Kimia Industri SMKN 2 Banjarmasin dengan jumlah 34 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan 1) tindakan yang tepat untuk menangani masalah kelas yaitu menggunakan langkah-langkah model pembelajaran discovery, yang diiringi dengan meningkatnya aktivitas guru disetiap siklus dari kategori cukup baik menjadi baik, aktivitas peserta didik juga meningkat dari kategori cukup aktif menjadi aktif. 2) Terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II pada keterampilan berpikir kreatif dari kategori cukup kreatif menjadi kreatif, sedangkan hasil belajar belajar peserta didik meningkat dalam tiga ranah yaitu ranah pengetahuan dari kategori rendah menjadi sedang, ranah sikap meningkat dari kategori cukup baik menjadi baik, dan ranah keterampilan dari kategori cukup terampil menjadi terampil.