Repo Dosen ULM

MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA MATERI ELEKTROKIMIA DI SMK NEGERI 2 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.creator Bakti, Iriani
dc.creator Rahmah, Siti
dc.creator Leny, Leny
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:58:09Z
dc.date.available 2020-06-15T03:58:09Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/4949/1/20.pdf
dc.identifier Bakti, Iriani and Rahmah, Siti and Leny, Leny MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA MATERI ELEKTROKIMIA DI SMK NEGERI 2 BANJARMASIN. In: The Innovation of Chemistry Education in Confronting Disruption Era to Build Excellent and Productive Generation, 17 November 2018, Aula Rektorat 1 ULM Banjarmasin.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/10490
dc.description Penelitian ini bertujuan untuk 1) menerapkan tindakan yang tepat untuk menangani masalah yang terjadi di kelas dan 2) mengetahui terjadi peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran discovery. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2017/2018 dan menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas secara bersiklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Kimia Industri SMKN 2 Banjarmasin dengan jumlah 34 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan 1) tindakan yang tepat untuk menangani masalah kelas yaitu menggunakan langkah-langkah model pembelajaran discovery, yang diiringi dengan meningkatnya aktivitas guru disetiap siklus dari kategori cukup baik menjadi baik, aktivitas peserta didik juga meningkat dari kategori cukup aktif menjadi aktif. 2) Terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II pada keterampilan berpikir kreatif dari kategori cukup kreatif menjadi kreatif, sedangkan hasil belajar belajar peserta didik meningkat dalam tiga ranah yaitu ranah pengetahuan dari kategori rendah menjadi sedang, ranah sikap meningkat dari kategori cukup baik menjadi baik, dan ranah keterampilan dari kategori cukup terampil menjadi terampil.
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/4949/
dc.subject L Education (General)
dc.title MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA MATERI ELEKTROKIMIA DI SMK NEGERI 2 BANJARMASIN
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account