Description:
Telah dilakukan penelitian mengenai model Auditory Intellectually Repetition (AIR) yang diterapkan dalam pembelajaran kelarutan dan hasil kali kelarutan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Penelitian dirancang dengan metode penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus dalam 4 kali pertemuan. 35 peserta didik kelas XI MIA-1 MAN 3 Banjarmasin dijadikan sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru meningkat dari 43 (baik) pada siklus I menjadi 49 (sangat baik) pada siklus II, (2) aktivitas peserta didik meningkat dari 37,75 (aktif) pada siklus I menjadi 43,50 (sangat aktif) pada siklus II, (3) kemampuan berpikir kritis meningkat dari 40,34% (cukup kritis) pada siklus I menjadi 79,17% (kritis) pada siklus II, (4) hasil belajar kognitif meningkat 69% (sedang) pada siklus I menjadi 83% (tinggi) pada siklus II, (5) semua peserta didik memberikan respon positif terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran AIR.