Description:
Penggunaan sumber belajar yang bervariasi pada proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar, salah satunya dari lingkungan lahan basah yang dekat dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan hasil belajar peserta didik dengan pembelajaran yang menerapkan pendekatan CTL pada materi larutan asam basa. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan metode quasi experiment. Variabel terikat yaitu hasil belajar, sedangkan variabel bebas yaitu pendekatan pembelajaran pada kelas kontrol dan eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik tes dan non-tes sebagai teknik pengumpulan data. Semua instrumen yang digunakan memiliki nilai validitas sebesar 1 dan koefisien reliabilitas instrumen hasil belajar pengetahuan sebesar 0,66. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar sikap dan keterampilan. Analisis inferensial menggunakan uji-t untuk menganalisis perbedaan hasil belajar pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat beda hasil belajar pengetahuan pada kelas kontrol dan eksperimen secara signifikan dengan harga thitung > ttabel yakni 2,375 > 1,996, (2) terdapat beda hasil belajar ranah sikap dan keterampilan pada kelas ekspeirmen dan kontrol, dan (3) peserta didik di kelas eksperimen memberikan respon positif. Perbedaan ini disebabkan oleh kontribusi pendekatan CTL seperti masyarakat belajar & inkuiri yang ditunjang dengan pemanfaatan sumber belajar.