Repo Dosen ULM

PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DARI LINGKUNGAN LAHAN BASAH MELALUI PENDEKATAN CTL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN LARUTAN ASAM BASA

Show simple item record

dc.creator Yunita, Amalia
dc.creator Saadi, Parham
dc.creator Kusasi, Muhammad
dc.date 2018-11-17
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:58:05Z
dc.date.available 2020-06-15T03:58:05Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/4931/1/2-.pdf
dc.identifier Yunita, Amalia and Saadi, Parham and Kusasi, Muhammad (2018) PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DARI LINGKUNGAN LAHAN BASAH MELALUI PENDEKATAN CTL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN LARUTAN ASAM BASA. In: The Innovation of Chemistry Education in Confronting Disruption Era to Build Excellent and Productive Generation, Aula Rektorat 1 ULM Banjarmasin.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/10436
dc.description Penggunaan sumber belajar yang bervariasi pada proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar, salah satunya dari lingkungan lahan basah yang dekat dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan hasil belajar peserta didik dengan pembelajaran yang menerapkan pendekatan CTL pada materi larutan asam basa. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan metode quasi experiment. Variabel terikat yaitu hasil belajar, sedangkan variabel bebas yaitu pendekatan pembelajaran pada kelas kontrol dan eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik tes dan non-tes sebagai teknik pengumpulan data. Semua instrumen yang digunakan memiliki nilai validitas sebesar 1 dan koefisien reliabilitas instrumen hasil belajar pengetahuan sebesar 0,66. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar sikap dan keterampilan. Analisis inferensial menggunakan uji-t untuk menganalisis perbedaan hasil belajar pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat beda hasil belajar pengetahuan pada kelas kontrol dan eksperimen secara signifikan dengan harga thitung > ttabel yakni 2,375 > 1,996, (2) terdapat beda hasil belajar ranah sikap dan keterampilan pada kelas ekspeirmen dan kontrol, dan (3) peserta didik di kelas eksperimen memberikan respon positif. Perbedaan ini disebabkan oleh kontribusi pendekatan CTL seperti masyarakat belajar & inkuiri yang ditunjang dengan pemanfaatan sumber belajar.
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/4931/
dc.subject L Education (General)
dc.title PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DARI LINGKUNGAN LAHAN BASAH MELALUI PENDEKATAN CTL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN LARUTAN ASAM BASA
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account