Repo Dosen ULM

PROFIL HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN METAKOGNISI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KIMIA KOLOID MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF-REGULATED LEARNING (SRL) DI KELAS XI SMAN 1 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.creator Fahreza, Rizki
dc.creator Saadi, Parham
dc.creator Syahmani, Syahmani
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:58:08Z
dc.date.available 2020-06-15T03:58:08Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/4945/1/16.pdf
dc.identifier Fahreza, Rizki and Saadi, Parham and Syahmani, Syahmani PROFIL HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN METAKOGNISI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KIMIA KOLOID MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF-REGULATED LEARNING (SRL) DI KELAS XI SMAN 1 BANJARMASIN. In: The Innovation of Chemistry Education in Confronting Disruption Era to Build Excellent and Productive Generation, 17 November 2018, Aula Rektorat 1 ULM Banjarmasin.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/10478
dc.description Telah dilakukan penelitian mengenai profil hasil belajar dan keterampilan metakognisi siswa kelas XI IPA SMAN 1 Banjarmasin pada materi koloid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perkembangan hasil belajar dan keterampilan metakognisi untuk menyelesaikan masalah kimia koloid melalui penerapan model pembelajaran Self-Regulated Learning (SRL) dan (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam penerapan model pembelajaran SRL. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian pra-eksperimen jenis one-shot case study with pre-test. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 4 yang ditentukan melalui metode non-probability sampling dan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes yang terdiri dari soal pre-test, soal post-test, dan kuesioner MSLQ. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan pengisian kuesioner. metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perkembangan tingkat keterampilan metakognisi dan hasil belajar ke tingkat yang lebih tinggi setelah penerapan model pembelajaran SRL, di mana nilai keterampilan metakognisi secara keseluruhan meningkat dari 49,91 menjadi 60,10, sedangkan nilai hasil belajar dari 63,81 menjadi 75,54 dan (2) terdapat 4 faktor utama yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam model pembelajaran SRL, yakni strategi kognitif (positif: 71,89%, negatif: 58,44%), nilai intrinsik siswa (70,41%), self-efficacy (64,50%), dan kecemasan (67,09%)
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/4945/
dc.subject L Education (General)
dc.title PROFIL HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN METAKOGNISI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KIMIA KOLOID MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF-REGULATED LEARNING (SRL) DI KELAS XI SMAN 1 BANJARMASIN
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account