Description:
Kinerja guru pendidikan jasmani yang baik merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan jasmani di Indonesia. Peningkatan kinerja guru pendidikan jasmani dapat dilakukan melalui beberapa cara antara lain dengan melaksanakan supervisi. Penelitian ini mengkaji dan meneliti tentang kinerja guru pendidikan jasmani pada Sekolah Dasar Negeri di Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan dan variabel yang diduga dapat mempengaruhi adalah pelaksanaan supervisi. Adapun tujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru-guru pendidikan jasmani Sekolah Dasar Negeri di Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan terhadap pelaksanaan supervisi dan kinerja. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru pendidikan jasmani Sekolah Dasar Negeri di Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan yang berjumlah 109 orang dan sampel sebanyak 95 yang dihitung berdasrakan rumus Solvin dan ditetapkan secara proporsional random sampling. Data dikumpulkan menggunakan instrumen berupa kuesioner dengan skala likert untuk semua variabel pelaksanaan supervisi dan kinerja guru. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan statstik diskriptif dan inferential. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukan terdapat perbedaan kinerja guru pendidikan jasmani pada Sekolah Dasar Negeri di Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan berdasarkan supervisi kepala sekolah.