Description:
Guru merupakan ujung tombak penyelanggaraan pendicffican di sekolah karena guru merupakan pelaksana proses belajar mengajar di kelas. Maka dari itu guru dituntut dapat memilih, menerapkan stmtegi, model dan media yang tepat agar proses pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan pada giliranya prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan. Dalam konteks ini, salah satu model pembelajaran yang bisa diterapkan adalah pembelajaran langsung dan pendekatan keterampilan proses melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan Hasil penelitian memunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat ketuntasannya dari 69,23% (Mitts I) menjadi 92,30% (Mks II), aktivitas guru dalam pelaksanaan RPP terlaksana dengan lcriteria baik, aktivita siswa semakin aktif, dan respon siswa terhadap pembelajaran Sains adalah positif. Hasil peneitian ini melampaui atau sama dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan demikian hasil belajar materi pokok Gerak Benda melalui pembelajaran langsung dan pendekatan keterampilan proses siswa kelas III SDN Badaun Kecamatan Daha Barat Kabupaten HSS meningkat. Temuan ini menunjukkan keberhasilan penelitian dan hipotesis 'meBrian dapat diterima. Saran peneliti bagi yang ingin melaksanakan penelitian yang sama adalah perlunya bimbingan yang saber dan intensif, umpan batik yang tegas, dan analisis materi yang alum diajarkan dengan penentuan alokasi waktu.
Kata kunci: Hasil belajar, model pembelajaran langsung, dan pendekatan keterampilan proses.