Repo Dosen ULM

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK BENDA MELALUI PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA KELAS III SDN BADAUN KECAMATAN DAHA BARAT KABUPATEN HSS

Show simple item record

dc.creator Asniwati, Asniwati
dc.creator Kamaliyah, Siti
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:57:11Z
dc.date.available 2020-06-15T03:57:11Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/1244/1/7.%20MENINGKATKAN%20HASIL%20BELAJAR%20GERAK%20BENDA.docx
dc.identifier Asniwati, Asniwati and Kamaliyah, Siti MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK BENDA MELALUI PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA KELAS III SDN BADAUN KECAMATAN DAHA BARAT KABUPATEN HSS. Paradigma, Jurnal Ilmu Pendidikan. ISSN 0853-7585
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/9859
dc.description Guru merupakan ujung tombak penyelanggaraan pendicffican di sekolah karena guru merupakan pelaksana proses belajar mengajar di kelas. Maka dari itu guru dituntut dapat memilih, menerapkan stmtegi, model dan media yang tepat agar proses pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan pada giliranya prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan. Dalam konteks ini, salah satu model pembelajaran yang bisa diterapkan adalah pembelajaran langsung dan pendekatan keterampilan proses melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan Hasil penelitian memunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat ketuntasannya dari 69,23% (Mitts I) menjadi 92,30% (Mks II), aktivitas guru dalam pelaksanaan RPP terlaksana dengan lcriteria baik, aktivita siswa semakin aktif, dan respon siswa terhadap pembelajaran Sains adalah positif. Hasil peneitian ini melampaui atau sama dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan demikian hasil belajar materi pokok Gerak Benda melalui pembelajaran langsung dan pendekatan keterampilan proses siswa kelas III SDN Badaun Kecamatan Daha Barat Kabupaten HSS meningkat. Temuan ini menunjukkan keberhasilan penelitian dan hipotesis 'meBrian dapat diterima. Saran peneliti bagi yang ingin melaksanakan penelitian yang sama adalah perlunya bimbingan yang saber dan intensif, umpan batik yang tegas, dan analisis materi yang alum diajarkan dengan penentuan alokasi waktu. Kata kunci: Hasil belajar, model pembelajaran langsung, dan pendekatan keterampilan proses.
dc.format text
dc.publisher PGSD-PGPAUD FKIP Unlam
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/1244/
dc.subject L Education (General)
dc.title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK BENDA MELALUI PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA KELAS III SDN BADAUN KECAMATAN DAHA BARAT KABUPATEN HSS
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account