Description:
Dalam kurikulum berbasis kompetensi, pengembangan kurikulum diawali dengan menetapkan tujuan pendidikan dan kompetensi lulusan yang mengacu pada misi institusi dan kebutuhan konstituen. Soft skill merupakan salah satu kompetensi yang berperan penting dalam pengembangan
karier profesional lulusan. Soft skill dapat diintegrasikan dalam matakuliah apa pun. Pada makalah
ini, didiskusikan integrasi soft skill pada matakuliah tugas akhir. Diskusi diawali dengan identifikasi
berbagai jenis soft skill. Untuk masing-masing soft skill tersebut, kemudian dipilihkan pengalaman pembelajaran yang sesuai, khususnya untuk tugas akhir. Beberapa elemen soft skill dapat dintegrasikan dengan ketrampilan teknis, misalnya perhatian terhadap isu global, sosial, dan
lingkungan; pembelajaran sepanjang masa; etika; berfikir kritis; komunikasi; kemampuan mengikuti prosedur; dan pengambilan keputusan. Elemen soft skill lainnya yang dapat dimasukkan ke dala matakuliah tugas akhir adalah manajemen waktu dan kerjasama kelompok. Strategi pembelajaran yang dipandang sesuai dengan pengembangan soft skill adalah pembelajaran aktif, walaupun dalam
beberapa aspek dapat disisipkan tutorial. Sedangkan, penilaian soft skill dapat dipilih penilaian formatif. Penilaian beberapa elemen soft skill dapat juga dilakukan secara sumatif, misalnya komunikasi, manajemen waktu, dan kerjasama kelompok. Untuk meningkatkan validitas penilaian, dapat dilakukan pendekatan triangulasi dengan menggunakan beberapa sumber sebagai penilai.
Kata kunci: soft skill, tugas akhir, metoda pembelajaran, penilaian