Tarakka, Rustan; Arifin P., A. Syamsul; Yunus, Yunus
Description:
Pola aliran udara di sekitar kendaraan akan mempengaruhi distribusi tekanan pada bagian belakang kendaraan. Ketika aliran udara mencapai bagian belakang kendaraan, aliran mengalami separasi. Oleh karena itu, pengembangan disain kendaraaan yang mampu meminimalisir separasi aliran yang terjadi sangat diperlukan. Modifikasi aliran di sekitar kendaraan dapat dilakukan dengan pemilihan bentuk yang lebih aerodinamis. Selain itu, juga dapat diterapkan teknik kontrol aktif aliran pada daerah-daerah yang berpotensi mulai terbentuknya aliran berpusar (vortex) pada bagian belakang kendaraan yang berpengaruh besar dalam pembentukan dan perkembangan separasi aliran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh geometri muka dan penambahan kontrol aktif suction terhadap koefisien tekanan pada model uji dengan variasi sudut kemiringan pada bagian depan. Model uji yang digunakan pada penelitian ini adalah reversed Ahmed body dengan variasi sudut kemiringan pada bagian depan yaitu 250, 300, dan 350. Penelitian dilakukan dengan metode komputasi menggunakan model turbulensi k-epsilon standard. Kecepatan upstream yang digunakan adalah 11.1 m/s, sementara kecepatan suction adalah 0.5 m/s. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa geometri muka dan penerapan kontrol aktif suction pada model kendaraan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap koefisien tekanan dimana peningkatan koefisien tekanan terbesar terjadi pada model kendaraan dengan sudut kemiringan pada bagian depan 350 yaitu 25.31%.
Kata kunci: geometri muka, koefisien tekanan, suction