Description:
Dalam bidang medical, banyak diperlukan modifikasi atau pembuatan anggota tubuh tiruan yang diminati oleh orang yang sangat membutuhkannya. Contohnya orang yang mengalami amputasi kaki atau tangan dan rusaknya gigi. Dengan masalah tersebut, maka solusi artificial limbs seperti prosthetic hand terkadang dapat membantu. Oleh karena itu, solusi artificial dan prosthetic sangat diminati pada saat ini. Kondisi inilah yang melatarbelakangi tujuan penelitian ini yakni untuk membuat sebuah model solid dari tangan manusia sehingga dapat digunakan pada mesin additive manufacture atau rapid prototyping. Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghasilkan tujuan tersebut adalah menentukan objek pengujian, melakukan scan pada tangan manusia dengan alat 3D Handy Scanner Exanscan dengan tiga metode dan kemudian dilakukan proses editing dan pengkonversian format data output dari scanner kedalam bentuk yang mampu diakses oleh mesin rapid prototyping.Pada penelitian ini, dihasilkan sebuah model tangan manusia dalam bentuk model solid dengan format data .stl dengan ukuran 908 KB. Untuk mendapatkan hal ini, telah digunakan dua software yang berbeda yaitu software Autodesk 3D Max Design dan software Netfabb Basic. Dari penelitian ini didapat kesimpulan bahwa proses reverse engineering dapat diterapkan untuk pembuatan prosthetic hand dengan memanfaatkan alat 3D Handy Scanner Exanscan sebagai langkah awal untuk mendapatkan data untuk mempersiapkan model solid. Untuk dapat menghasilkan model solid dengan format data .stl dan kemudian dapat digunakan pada mesin additive manufacture atau rapid prototyping maka diperlukan teknik pengambilan data dengan alat 3D Handy Scanner Exanscan dan proses editing tertentu. Dengan menggunakan software Netfabb dihasilkan output yang lebih baik daripada software Autodesk 3D Max Design. Output dari Autodesk 3D Max Design memiliki sudut-sudut baru pada nurbs (permukaan tidak beraturan) objek dan hasil editannya tidak dapat mengikuti pola dari nurbs tersebut , sedangkan hasil output software netfabb ketika editing dapat mengikuti pola nurbs objek sehingga hasilnya jauh lebih baik.
Kata Kunci: Model, Solid, Surface, 3D scanner, additive manufacture, prototyping, software, editing, konversi, artificial limbs, prosthetic