Amin Daman, Aida Annisa; Laksana Guntur, Harus; Hendrowati, Wiwiek; Solichin, Moch.
Description:
Energi losses pada kendaraan juga terjadi pada sistem suspensi. Oleh sebab itu diperlukan pengembangan sistem suspensi yang dapat menghasilkan energi untuk dapat dimanfaatkan kembali oleh kendaraan. Paper ini menyajikan pengaruh variasi diameter orifice terhadap gaya redam, daya bangkitan dan respon dinamis dari Hydraulic Motor Regenerative Shock Absorber (HMRSA). Penelitian diawali dengan pemodelan HMRSA pada seperempat kendaraan 2 DOF dan merumuskan persamaan matematis, kemudian dilakukan simulasi untuk memperoleh respon dinamis. Pemodelan
HMRSA terdiri dari silinder hidraulik, motor hidraulik, dan generator listrik. Orifice diletakkan pada saluran keluar dari diameter hidraulik saat ekspansi dan kompresi. Variasi diameter orifice yang digunakan yaitu 2 mm, 4 mm, dan 6 mm. Hasil penelitian menunjukkan nilai gaya redam terbesar terjadi pada proses kompresi dengan diameter orifice 2 mm yaitu sebesar 16590 N. Nilai gaya
redam semakin menurun seiring bertambahnya diameter orifice. Dengan penggunaan HMRSA, daya listrik yang dibangkitkan dapat mencapai nilai maksimum dari kapasitas generator yaitu sebesar 100 Watt. Variasi diameter orifice hanya berpengaruh terhadap gaya redam, namun tidak berpengaruh pada respon kelistrikan HMRSA.
Kata kunci : regenerative shock absorber, orifice, gaya redam, daya bangkitan