Description:
Pembelajaran hama dan penyakit tumbuhan di SMPN 9 Banjarbaru sebelumnya dilakukan dengan siswa diminta membawa tumbuhan yang diperkirakan siswa terkena hama dan
penyakit. Tetapi hal ini belum efisien karena siswa belum
mengetahui secara pasti tumbuhan itu terserang hama atau
penyakit. Akibatnya penguasaan konsep atau hasil belajar
biologi siswa tetap rendah dan pembelajaran biologi jadi
membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil
belajar siswa, mengetahui hasil keja kelompok dalam mengerjakan LKS, dan mengetahui kecendrungan perilaku siswa kearah on task atau off task. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan kelas kontrol dan kelas
eksperimen adalah sama, dengan materi eksperimen diselingi
dengan materi kontrol (materi berkelanjutan).
Hasil analisis kovarian menunjukkan perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar siswa eksperimen dan siswa kontrol. Hal ini terlihat dari nilai Pr yaitu 0,02 yaitu lebih kecil dibandingkan nilai taraf signifikansi yang ditetapkan yaitu sebesar 0,05 Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dan hasil kerja kelompok dalam mengerjakan LKS pada konsep hama dan penyakit tumbuhan dengan menggunakan model gallery of learning berbasis lingkungan di SMPN 9 Banjarbaru menunjukan hasil yang baik dan perilaku siswa cenderung ke arah on task.
Kata kunci: Model Gallery of Learning, pemahaman, hama dan penyakit tumbuhan, on task, off task.