Repo Dosen ULM

Pemahaman Konsep Hama dan Penyakit Tumbuhan dengan Menggunakan Model Gallery of Learning Berbasis Lingkungan di SMPN 9 Banjarbaru.

Show simple item record

dc.creator Muhammad, Zaini
dc.date 2011-06
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:55:41Z
dc.date.available 2020-06-15T03:55:41Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/442/1/img056.jpg
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/442/2/img057.jpg
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/442/3/img058.jpg
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/442/4/2.%20Pak%20Zaini%2C%20Dewi_docx.pdf
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/442/22/442.pdf
dc.identifier Muhammad, Zaini (2011) Pemahaman Konsep Hama dan Penyakit Tumbuhan dengan Menggunakan Model Gallery of Learning Berbasis Lingkungan di SMPN 9 Banjarbaru. Landasan - Jurnal Ilmiah Kependidikan & Kemasyarakatan, 6 (1). ISSN 1907-431X
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/8632
dc.description Pembelajaran hama dan penyakit tumbuhan di SMPN 9 Banjarbaru sebelumnya dilakukan dengan siswa diminta membawa tumbuhan yang diperkirakan siswa terkena hama dan penyakit. Tetapi hal ini belum efisien karena siswa belum mengetahui secara pasti tumbuhan itu terserang hama atau penyakit. Akibatnya penguasaan konsep atau hasil belajar biologi siswa tetap rendah dan pembelajaran biologi jadi membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, mengetahui hasil keja kelompok dalam mengerjakan LKS, dan mengetahui kecendrungan perilaku siswa kearah on task atau off task. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah sama, dengan materi eksperimen diselingi dengan materi kontrol (materi berkelanjutan). Hasil analisis kovarian menunjukkan perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar siswa eksperimen dan siswa kontrol. Hal ini terlihat dari nilai Pr yaitu 0,02 yaitu lebih kecil dibandingkan nilai taraf signifikansi yang ditetapkan yaitu sebesar 0,05 Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dan hasil kerja kelompok dalam mengerjakan LKS pada konsep hama dan penyakit tumbuhan dengan menggunakan model gallery of learning berbasis lingkungan di SMPN 9 Banjarbaru menunjukan hasil yang baik dan perilaku siswa cenderung ke arah on task. Kata kunci: Model Gallery of Learning, pemahaman, hama dan penyakit tumbuhan, on task, off task.
dc.format image
dc.format image
dc.format image
dc.format text
dc.format text
dc.publisher Pengurus Cabang PGRI Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/442/
dc.subject L Education (General)
dc.title Pemahaman Konsep Hama dan Penyakit Tumbuhan dengan Menggunakan Model Gallery of Learning Berbasis Lingkungan di SMPN 9 Banjarbaru.
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account