Description:
Penggunaan model pembelajaran dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi jarang sekali
digunakan lantarann mahasiswa sudah dianggap bias mencari materi kuliah dari berbagai sumber secara mandiri. Namun, pada kenyataannya masih banyak mahasiswa yang pasif dalam mencari sumber pembelajaran sehingga menuntut dosen untuk bisa menyampaikan materi kuliah lebih terperinci lagi. Dalam proses belajar mengajar, dosen harus memiliki strategi agar mahasiswa dapat berpartisipasi aktif tepat pada tujuan yang diharapkan. Salah satu langkah untuk memiliki strategi itu adalah harus menguasai teknik-teknik penyajian materi, atau biasa disebut model pembelajaran. Banyak model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran Ekonomi, tetapi tidak setiap model pembelajaran dapat diterapkan dalam setiap materi, sehingga pemilihan model pembelajaran sangatlah penting guna mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa efektifnya penerapan model pembelajaran tebak kata untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Surat Menyurat Bisnis pokok bahasan bagian-bagian surat. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dimana responden dalam penelitian ini dibagi menjadi dua tahapan, yang pertama perkuliahan dilakukan tanpa menggunakan model pembelajaran dan tahap kedua perkuliahan dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran tebak kata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar dari nilai ujian mahasiswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran tebak kata. Ini terlihat dari hasil perhitungan SPSS diperoleh nilai uji t sebesar -3,209 dengan tingkat signifikansi 0,002 lebih kecil dibandingkan t tabel untuk df=47 diperoleh sebesar -2,012.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Tebak Kata, dan Prestasi Belajar