Repo Dosen ULM

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA MATA KULIAH SURAT MENYURAT BISNIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Reguler B FKIP UNLAM)

Show simple item record

dc.creator Kasim, Muhammad
dc.creator Nor, Baseran
dc.date 2012-07
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:55:33Z
dc.date.available 2020-06-15T03:55:33Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/405/1/Jurnal%20Al%20Ulum.PDF
dc.identifier Kasim, Muhammad and Nor, Baseran (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA MATA KULIAH SURAT MENYURAT BISNIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Reguler B FKIP UNLAM). AL ULUM, 53 (3). pp. 35-39. ISSN 1411-1403
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/8519
dc.description Penggunaan model pembelajaran dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi jarang sekali digunakan lantarann mahasiswa sudah dianggap bias mencari materi kuliah dari berbagai sumber secara mandiri. Namun, pada kenyataannya masih banyak mahasiswa yang pasif dalam mencari sumber pembelajaran sehingga menuntut dosen untuk bisa menyampaikan materi kuliah lebih terperinci lagi. Dalam proses belajar mengajar, dosen harus memiliki strategi agar mahasiswa dapat berpartisipasi aktif tepat pada tujuan yang diharapkan. Salah satu langkah untuk memiliki strategi itu adalah harus menguasai teknik-teknik penyajian materi, atau biasa disebut model pembelajaran. Banyak model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran Ekonomi, tetapi tidak setiap model pembelajaran dapat diterapkan dalam setiap materi, sehingga pemilihan model pembelajaran sangatlah penting guna mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa efektifnya penerapan model pembelajaran tebak kata untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Surat Menyurat Bisnis pokok bahasan bagian-bagian surat. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dimana responden dalam penelitian ini dibagi menjadi dua tahapan, yang pertama perkuliahan dilakukan tanpa menggunakan model pembelajaran dan tahap kedua perkuliahan dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran tebak kata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar dari nilai ujian mahasiswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran tebak kata. Ini terlihat dari hasil perhitungan SPSS diperoleh nilai uji t sebesar -3,209 dengan tingkat signifikansi 0,002 lebih kecil dibandingkan t tabel untuk df=47 diperoleh sebesar -2,012. Kata kunci: Model Pembelajaran, Tebak Kata, dan Prestasi Belajar
dc.format other
dc.publisher UNISKA Muhammad Arsyad Al-Banjary Banjarmasin
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/405/
dc.subject L Education (General)
dc.title PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA MATA KULIAH SURAT MENYURAT BISNIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Reguler B FKIP UNLAM)
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account