Saleh, M.
Description:
Tujuan penelitian ini adalah untuk medeskripsikan (1) pendekatan supervisi yang digunakan pengawas sekolah, (2) tingkat kematangan kerja guru-guru SMAN di Kota Banjarmasin, (3) ketepatan pendekatan supervisi yang dipergunakan pengawas sekolah, (4) pelaksanaan tugas mengajar guru-guru SMAN di Kota Banjarmasin, (5) hubungan pendekatan supervisi yang dipergunakan pengawas sekolah dengan pelaksanaan tugas mengajar guru SMAN di Kota Banjarmasin. Populasi penelitian adalah seluruh guru SMA Negeri di Kota Banjarmasin dan sebagai sampel terpilih 186 sampel guru dengan karakteristik memiliki masa kerja diatas lima tahun dan telah menerima supervisi dari pengawas sekolah. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan korelasi sederhana dengan rumus korelasi point biserial. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pendikatan supervisi yang banyak digunakan pengawas sekolah adalah non-direktif, (2) tingkat kematangan kerja guru-guru SMAN di Kota Banjarmasin tergolong sangat matang, (3) pendekatan supervisi yang dipergunakan pengawas sekolah secara umum sesuai dengan tingkat kematangan guru yang menerima supervisi, (4) pelaksanaan tugas mengajar guru-guru tergolong baik (5) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pendekatan supervisi yang digunakan pengawas sekolah dengan pelaksanaan tugas mengajar guru.