Abstract:
Kelimpahan informasi yang muncul pada For Your Page (FYP) di aplikasi TikTok dan selalu beriringan dengan Internet Generation (iGeneration) di Kota Banjarmasin telah menghantarkan mereka untuk mendapatkan atau melakukan hal yang serupa dengan apa yang mereka lihat. Iklan pinjaman online yang sering muncul baik dalam bentuk iklan berbayar atau iklan yang disisipkan pada konten mendukung terjadinya keputusan pinjaman online oleh iGeneration di Kota Banjarmasin. Riset ini menggunakan metode Concurrent Embedded Strategy dengan menggunakan data kuantitatif dan kualitatif secara bersamaan. Ditemukan bahwa rata-rata iGeneration yang menggunakan pinjaman online sebesar 44% dengan usia 20 tahun. Hasil riset ini menemukan bahwa motivasi dan viral marketing memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pinjaman online oleh iGeneration di Kota Banjarmasin sebesar 61,7% berdasarkan uji parametrik. Selain itu, riset ini juga menemukan bahwa terdapat lima motif dominan yang mempengaruhi timbulnya motivasi iGeneration dalam melakukan keputusan pinjaman online setelah terpapar secara aktif oleh viral marketing pada aplikasi TikTok diantaranya (1) Gaya hidup, (2) Penasaran, (3) Kebutuhan Mendesak, (4) Faktor Lingkungan dan (5) Haus Validasi.