Abstract:
Tiap daerah di Indonesia memiliki produk kuliner yang khas, dan umumnya didistribusikan langsung oleh produsennya. Meskipun pemerintah memberikan banyak dukungan, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) masih menghadapi kesulitan untuk bertumbuh dan berkembang. Digitalisasi dunia bisnis menuntut UKM untuk beradaptasi dengan cepat, termasuk UKM kuliner lokal di Banjarmasin. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini, metode FGD, ceramah, dan pelatihan praktis oleh tenaga ahli di bidangnya dilakukan, agar mitra dapat langsung menerapkan strategi pemasaran digital. Kegiatan ini melibatkan 42 mitra. Adapun kontribusi aktivitas PKM ini adalah perluasan pemahaman mitra tentang praktik pemasaran produk yang berbeda. Promosi melalui media sosial dan pembuatan akun baru mencerminkan upaya promosi yang intensif, di mana UKM tidak hanya mengandalkan metode pemasaran tradisional. Secara praktis, kegiatan ini bermanfaat bagi mitra untuk meningkatkan pendapatan melalui strategi pemasaran yang lebih baik, eksistensi secara online yang lebih kuat, dan peningkatan pendapatan yang UKM mitra.