Abstract:
Persepsi seseorang sangat berpengaruh terhadap aktivitas sesuai
profesinya masing-masing misalnya guru, ketika persepsi guru kurang terhadap
peserta didiknya maka saat proses pembelajaran tidak akan berjalan lancar, oleh
karena itu perlunya penyesuaian khusus agar proses pembelajaran lebih efektif
dan efesien. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran maupun sarana dan
prasarana harus mendukung agar kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebermanfaatan Sekolah
penyelenggaraan inklusif untuk melihat karakter siswa-siswi reguler di
Banjarmasin.
Penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menekankan
analisis proses berpikir secara induktif yang berkaitan dengan dinamika hubungan
antar fonomena yang diamati dan senantiasa menggunakan logika ilmiah. Teknik
pengambilan sampel yaitu, teknik purposive sampling dan snowball sampling.
Tempat penelitian dilakukkan pada Sekolah Dasar di daerah Batola. Penelitian
kualiatatif sebagai human instrument. Teknik pengumpulan data yaitu
menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis
data pada penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif dari Miles dan
Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penenelitian menunjukkan bahwa argumentasi peningkatannya yaitu:
(1) siswa reguler mampu menghargai perbedaan yang ada. (2) siswa reguler
bersedia mengajak ABK untuk bisa berpartisipasi disetiap kegiatan kelas. (3) rasa
penasaran yang besar dari siswa reguler membuat selalu memberikan pertanyaan
terutama pada guru pendamping khusus seperti apa kondisi ABK yang
sebenarnya. (4) apabila ABK mampu menunjukkan bakat dan kemampuannya di
depan umum akan diberikan apresiasi yang baik. (5) siswa reguler bersedia jika
diajak berteman dan meminjamkan barang-barang untuk dapat membantu ABK
(6) jika terjadi sesuatu hal yang dianggap menyulitkan ABK maka siswa reguler
akan segera membantu. (7) bukan hanya siswa reguler mampu menjaga dan
melindungi ABK