Abstract:
Dewasa ini, terdapat banyak permasalahan yang masih dihadapi
pembelajaran seni. Padahal kontribusi pendidikan seni cukup besar untuk
membentuk karakter peserta didik terutama di pendidikan dasar.
Pembelajaran seni musik dapat memberikan pengalaman apresiatif dan
kreatif serta mampu berkontribusi terhadap peningkatan pengetahuan,
sikap, dan keterampilan siswa di masa yang akan datang. Terkait dengan
permasalahan tersebut, konteks pembahasan difokuskan pada alternatif
gagasan pendekatan belajar-mengajar di sekolah guna memacu pendidik
seni untuk menyajikan pembelajaran secara efektif dan menyenangkan.
Untuk itu, penulis menawarkan dua strategi, yaitu heutagogi, berupa
strategi mendidik dengan mendorong siswa untuk memiliki keterampilan
mengarahkan diri (self-directing), dan strategi sibergogi, berupa strategi
yang membiasakan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi
informasi. Secara praktis dua strategi ini dapat diintegrasikan menjadi
suatu pendekatan instruksional baru