Repo Dosen ULM

Heutagogi dan Sibergogi : strategi pembelajaran musik di era society 5.0

Show simple item record

dc.contributor.author Nur Hikmah, Sherly
dc.date.accessioned 2024-07-11T01:41:36Z
dc.date.available 2024-07-11T01:41:36Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/35493
dc.description.abstract Dewasa ini, terdapat banyak permasalahan yang masih dihadapi pembelajaran seni. Padahal kontribusi pendidikan seni cukup besar untuk membentuk karakter peserta didik terutama di pendidikan dasar. Pembelajaran seni musik dapat memberikan pengalaman apresiatif dan kreatif serta mampu berkontribusi terhadap peningkatan pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa di masa yang akan datang. Terkait dengan permasalahan tersebut, konteks pembahasan difokuskan pada alternatif gagasan pendekatan belajar-mengajar di sekolah guna memacu pendidik seni untuk menyajikan pembelajaran secara efektif dan menyenangkan. Untuk itu, penulis menawarkan dua strategi, yaitu heutagogi, berupa strategi mendidik dengan mendorong siswa untuk memiliki keterampilan mengarahkan diri (self-directing), dan strategi sibergogi, berupa strategi yang membiasakan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi. Secara praktis dua strategi ini dapat diintegrasikan menjadi suatu pendekatan instruksional baru en_US
dc.publisher Indonesian Journal of Performing Arts Education en_US
dc.subject pembelajaran musik; heutagogi; sibergogi; pendekatan alternatif. en_US
dc.title Heutagogi dan Sibergogi : strategi pembelajaran musik di era society 5.0 en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account