Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah mengembangan E-Pub bahan ajar penelitian tindakan berbasis P-BL (P-BL) untuk meningkatkan kemampuan publikasi ilmiah mahasiswa magister pendidikan jasmani. Tujuan khusus adalah; 1) menjelaskan karakteristik buku “e-pub buku ajar penelitian tindakan berbasis P-BL” yang dikembangkan. 2) dendeskripsikan validitas 3) mendeskripsikan kepraktisan buku. 4) Mendeskripsikan keefektifan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian dan pengembangan 4D (define, design, development, disseminate). Subyek penelitian adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan jasmani yang memprogram matakuliah penelitian tindakan pembelajaran. Instrumen penelitian dikembangkan beradasakan aspek; a) kevalidan produk, b) kepraktisan produk, dan c) kefektifian produk. Teknik analisis data secara deskripstif kuantitatif dan deskripstif kualitatif. Hasil pengembangan pada tahap define dan design mengahsilkan e-pub buku ajar penelitian tindakan berbasis P-BL. Pada tahap development yang terdiri dari tiga tahap pengembangan yaitu: 1) tahap penyusunan draf buku satu, 2) uji validasi pakar menghasil draft buku dua, dan 3) uji coba kelas/ pengguna yang menghasilkan draft buku tiga. Tahap development mengacu pada aspek kevaliadan, kepraktisan dan kefektifan, ketiga aspek tersebut telah terpenuhi dengan sangat valid, praktis dan efektif. Dari tahap pengembangan yang dilakukan menyimpulkan bahwa e-pub buku ajar penelitian tindakan berbasis P-BL telah berhasil dikembangkan dan efektif membantu mahasiswa meningkatkan kemampuan publiaksi ilmiahpada jurnal nasional terakreditasi.