Repo Dosen ULM

E-pub bahan ajar penelitian tindakan berbasis p-bl meningkatkan kemampuan publikasi mahasiswa

Show simple item record

dc.contributor.author Arifin, Syamsul
dc.contributor.author Mashud, Mashud
dc.contributor.author Warni, Herita
dc.contributor.author Mulhim, Muhammad
dc.contributor.author Hamid, Abd
dc.contributor.author Athar, Athar
dc.date.accessioned 2024-06-16T23:06:47Z
dc.date.available 2024-06-16T23:06:47Z
dc.date.issued 2023-10-01
dc.identifier.citation http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v22i3.16281 en_US
dc.identifier.issn 2549-1415
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/34396
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah mengembangan E-Pub bahan ajar penelitian tindakan berbasis P-BL (P-BL) untuk meningkatkan kemampuan publikasi ilmiah mahasiswa magister pendidikan jasmani. Tujuan khusus adalah; 1) menjelaskan karakteristik buku “e-pub buku ajar penelitian tindakan berbasis P-BL” yang dikembangkan. 2) dendeskripsikan validitas 3) mendeskripsikan kepraktisan buku. 4) Mendeskripsikan keefektifan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian dan pengembangan 4D (define, design, development, disseminate). Subyek penelitian adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan jasmani yang memprogram matakuliah penelitian tindakan pembelajaran. Instrumen penelitian dikembangkan beradasakan aspek; a) kevalidan produk, b) kepraktisan produk, dan c) kefektifian produk. Teknik analisis data secara deskripstif kuantitatif dan deskripstif kualitatif. Hasil pengembangan pada tahap define dan design mengahsilkan e-pub buku ajar penelitian tindakan berbasis P-BL. Pada tahap development yang terdiri dari tiga tahap pengembangan yaitu: 1) tahap penyusunan draf buku satu, 2) uji validasi pakar menghasil draft buku dua, dan 3) uji coba kelas/ pengguna yang menghasilkan draft buku tiga. Tahap development mengacu pada aspek kevaliadan, kepraktisan dan kefektifan, ketiga aspek tersebut telah terpenuhi dengan sangat valid, praktis dan efektif. Dari tahap pengembangan yang dilakukan menyimpulkan bahwa e-pub buku ajar penelitian tindakan berbasis P-BL telah berhasil dikembangkan dan efektif membantu mahasiswa meningkatkan kemampuan publiaksi ilmiahpada jurnal nasional terakreditasi. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga en_US
dc.subject e-pub; bahan ajar; penelitian tindakan; p-bl en_US
dc.title E-pub bahan ajar penelitian tindakan berbasis p-bl meningkatkan kemampuan publikasi mahasiswa en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account