Abstract:
Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional adalah bahasa asing yang sangat perlu diketahui dan dikuasai oleh
para siswa di Indonesia. Seiring dengan perkembangan bahasa Inggris, seringkali juga diiringi dengan perkembangan sumber
atau materi pelajaran berbahasa Inggris. Akan tetapi, khususnya untuk materi pembelajaran berbahasa Inggris dan yang
bertema lingkungan bagi anak usia dini dirasakan sangatlah terbatas dan berkontribusi pada kurangnya penguasaan Bahasa
Inggris dan kurangnya kesadaran lingkungan oleh anak usia dini khususnya di daerah Kalimantan Selatan. Berdasarkan hal
ini, penelitian ini bermaksud untuk mengembangkan materi pembelajaran berupa buku cerita untuk anak dalam Bahasa Inggris
dengan mengambil tema lahan basah. Akan tetapi, sebelum sampai ke tujuan tersebut, diperlukan analisis kebutuhan
berdasarkan kebutuhan siswa dan guru yang mengajar di Taman Kanak-Kanak yaitu mengenai apa yang mereka perlukan
dan butuhkan dalam pembuatan buku cerita anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara
detail kebutuhan siswa dan guru tersebut tentang materi buku cerita dalam Bahasa Inggris yang cocok dan tepat untuk anak
usia dini dan dapat memenuhi rasa ingin tahu anak dengan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah 15 orang guru yang mengajar di Taman
Kanak-Kanak. Instrumen yang dipakai adalah kuisioner dan wawancara langsung, dan data yang terkumpul kemudian
diidentifikasi, diklasifikasi, dianalisa, dan lebih lanjut dijelaskan secara rinci. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa
kebutuhan akan buku cerita yang tepat untuk mengajarkan Bahasa Inggris dan lahan basah sangatlah mendesak untuk
dipenuhi. Dari hasil analisis kebutuhan didapatkan pengembangan buku cerita nantinya haruslah memperkenalkan hewan
atau binatang yang hidup di lahan basah sebagai karakter utama.