dc.identifier.citation |
Febriyanti, E. R. (2018). Investigating English Department Students' Perceptions about a Good English Language Teacher. International Journal of Language Education, 2(2), 83-95. Gall, M., Gall, J., & Borg, R. (2007). Educational Research: An Introduction (8th ed.). New York, NY: Pearson Education. Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. INTELEKTUALITA. 3(1), 27-38. Makwanya & Dick, M. (2014). An Analysis of Children’s Poems in Environment and Climate Change Adaptation and Mitigation: A Participatory Approach, Catching Them Young. The International Journal Of Engineering and Sciences (IJES), 3(7), 10-15. Masruroh, L., Ainiyah, M., & Hidayah, B. (2018). Pelatihan Pengajaran Bahasa Inggris Usia Dini bagi Guru-Guru Bahasa Inggris di PAUD-TK-MI. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK), 2(1), 33-36. doi:https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2018.v2i1.247 Miles, M.B, & Huberman, A.M. (1994). Qualitative Data Analysis, 2nd Ed. Newbury Park, CA: Sage. Muslich, M. (2010). Text Book Writing. Jogjakarta: Ar-ruz Media. Nufus, T. Z. (2018). Teaching English to Young Learners in Indonesia (Pros and Cons). English Language in Focus (ELIF), 1(1), 65–70. Oktarina, D. (2021). Aspek Pemanfaatan Alam dan Lingkungan dalam Cerita Sumba: Pendekatan Elektronik. Telaga Bahasa, 9(2), 133-148. Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif. Shin, J. K. (2000). Teaching English to Young Learners. University of Maryland, Baltimore County. Tamrin, A. F. (2017). “Children’s Literature: As a Way of Raising Environmental Consciousness—A Study” makalah disampaikan dalam Conference: Annual Seminar on English Language Studies. Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Hasanuddin. |
en_US |
dc.description.abstract |
Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional adalah bahasa asing yang sangat perlu diketahui dan dikuasai oleh
para siswa di Indonesia. Seiring dengan perkembangan bahasa Inggris, seringkali juga diiringi dengan perkembangan sumber
atau materi pelajaran berbahasa Inggris. Akan tetapi, khususnya untuk materi pembelajaran berbahasa Inggris dan yang
bertema lingkungan bagi anak usia dini dirasakan sangatlah terbatas dan berkontribusi pada kurangnya penguasaan Bahasa
Inggris dan kurangnya kesadaran lingkungan oleh anak usia dini khususnya di daerah Kalimantan Selatan. Berdasarkan hal
ini, penelitian ini bermaksud untuk mengembangkan materi pembelajaran berupa buku cerita untuk anak dalam Bahasa Inggris
dengan mengambil tema lahan basah. Akan tetapi, sebelum sampai ke tujuan tersebut, diperlukan analisis kebutuhan
berdasarkan kebutuhan siswa dan guru yang mengajar di Taman Kanak-Kanak yaitu mengenai apa yang mereka perlukan
dan butuhkan dalam pembuatan buku cerita anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara
detail kebutuhan siswa dan guru tersebut tentang materi buku cerita dalam Bahasa Inggris yang cocok dan tepat untuk anak
usia dini dan dapat memenuhi rasa ingin tahu anak dengan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah 15 orang guru yang mengajar di Taman
Kanak-Kanak. Instrumen yang dipakai adalah kuisioner dan wawancara langsung, dan data yang terkumpul kemudian
diidentifikasi, diklasifikasi, dianalisa, dan lebih lanjut dijelaskan secara rinci. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa
kebutuhan akan buku cerita yang tepat untuk mengajarkan Bahasa Inggris dan lahan basah sangatlah mendesak untuk
dipenuhi. Dari hasil analisis kebutuhan didapatkan pengembangan buku cerita nantinya haruslah memperkenalkan hewan
atau binatang yang hidup di lahan basah sebagai karakter utama. |
en_US |