Repo Dosen ULM

ANALISIS KEBUTUHAN BUKU CERITA ANAK BERBAHASA INGGRIS BERTEMA LAHAN BASAH

Show simple item record

dc.contributor.author Febriyanti, Emma Rosana
dc.contributor.author Hidayat, Fahmi
dc.date.accessioned 2024-06-04T07:29:22Z
dc.date.available 2024-06-04T07:29:22Z
dc.date.issued 2023-04-01
dc.identifier.citation Febriyanti, E. R. (2018). Investigating English Department Students' Perceptions about a Good English Language Teacher. International Journal of Language Education, 2(2), 83-95. Gall, M., Gall, J., & Borg, R. (2007). Educational Research: An Introduction (8th ed.). New York, NY: Pearson Education. Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. INTELEKTUALITA. 3(1), 27-38. Makwanya & Dick, M. (2014). An Analysis of Children’s Poems in Environment and Climate Change Adaptation and Mitigation: A Participatory Approach, Catching Them Young. The International Journal Of Engineering and Sciences (IJES), 3(7), 10-15. Masruroh, L., Ainiyah, M., & Hidayah, B. (2018). Pelatihan Pengajaran Bahasa Inggris Usia Dini bagi Guru-Guru Bahasa Inggris di PAUD-TK-MI. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK), 2(1), 33-36. doi:https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2018.v2i1.247 Miles, M.B, & Huberman, A.M. (1994). Qualitative Data Analysis, 2nd Ed. Newbury Park, CA: Sage. Muslich, M. (2010). Text Book Writing. Jogjakarta: Ar-ruz Media. Nufus, T. Z. (2018). Teaching English to Young Learners in Indonesia (Pros and Cons). English Language in Focus (ELIF), 1(1), 65–70. Oktarina, D. (2021). Aspek Pemanfaatan Alam dan Lingkungan dalam Cerita Sumba: Pendekatan Elektronik. Telaga Bahasa, 9(2), 133-148. Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif. Shin, J. K. (2000). Teaching English to Young Learners. University of Maryland, Baltimore County. Tamrin, A. F. (2017). “Children’s Literature: As a Way of Raising Environmental Consciousness—A Study” makalah disampaikan dalam Conference: Annual Seminar on English Language Studies. Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Hasanuddin. en_US
dc.identifier.issn ISSN 2657-1579
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/33875
dc.description.abstract Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional adalah bahasa asing yang sangat perlu diketahui dan dikuasai oleh para siswa di Indonesia. Seiring dengan perkembangan bahasa Inggris, seringkali juga diiringi dengan perkembangan sumber atau materi pelajaran berbahasa Inggris. Akan tetapi, khususnya untuk materi pembelajaran berbahasa Inggris dan yang bertema lingkungan bagi anak usia dini dirasakan sangatlah terbatas dan berkontribusi pada kurangnya penguasaan Bahasa Inggris dan kurangnya kesadaran lingkungan oleh anak usia dini khususnya di daerah Kalimantan Selatan. Berdasarkan hal ini, penelitian ini bermaksud untuk mengembangkan materi pembelajaran berupa buku cerita untuk anak dalam Bahasa Inggris dengan mengambil tema lahan basah. Akan tetapi, sebelum sampai ke tujuan tersebut, diperlukan analisis kebutuhan berdasarkan kebutuhan siswa dan guru yang mengajar di Taman Kanak-Kanak yaitu mengenai apa yang mereka perlukan dan butuhkan dalam pembuatan buku cerita anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara detail kebutuhan siswa dan guru tersebut tentang materi buku cerita dalam Bahasa Inggris yang cocok dan tepat untuk anak usia dini dan dapat memenuhi rasa ingin tahu anak dengan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah 15 orang guru yang mengajar di Taman Kanak-Kanak. Instrumen yang dipakai adalah kuisioner dan wawancara langsung, dan data yang terkumpul kemudian diidentifikasi, diklasifikasi, dianalisa, dan lebih lanjut dijelaskan secara rinci. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa kebutuhan akan buku cerita yang tepat untuk mengajarkan Bahasa Inggris dan lahan basah sangatlah mendesak untuk dipenuhi. Dari hasil analisis kebutuhan didapatkan pengembangan buku cerita nantinya haruslah memperkenalkan hewan atau binatang yang hidup di lahan basah sebagai karakter utama. en_US
dc.description.sponsorship Ucapan terima kasih yang tak terhingga kami ucapkan kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin untuk dukungan yang diberikan sehingga dapat terlaksananya penelitian ini. en_US
dc.publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.relation.ispartofseries Volume 8;3
dc.subject anak usia dini en_US
dc.subject analisis kebutuhan en_US
dc.subject Bahasa Inggris, en_US
dc.subject buku cerita en_US
dc.subject lahan basah en_US
dc.title ANALISIS KEBUTUHAN BUKU CERITA ANAK BERBAHASA INGGRIS BERTEMA LAHAN BASAH en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Prosiding [905]
    Repositori untuk bidang Prosiding

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account