Abstract:
Abstrak. Penelitian tentang pengembangan bahan ajar dalam proses pembelajaran di
perguruan tinggi untuk meningkatkan berpikir tingkat tinggi pada mata kuliah Botani
tumbuhan berbasis bahan lokal saat ini sangat diperlukan. Berbagai bahan ajar
dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Salah satunya adalah buku
ilmiah populer. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kepraktisan Buku Ilmiah Populer (BIP)
Botani Tumbuhan Rawa dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa dalam
mempelajari Botani Tumbuhan Tinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and
Development (R&D). Subyek penelitian adalah 13 mahasiswa Program Studi Pendidikan
Biologi Universitas Lambung Mangkurat dengan obyek penelitian adalah BIP Botani
Tumbuhan Rawa. Data kepraktisan diperoleh berdasarkan tes keterbacaan dan respon
mahasiswa. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
BIP Botani Tumbuhan Rawa yang dikembangkan sangat praktis digunakan untuk
meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.