Abstract:
Laporan akhir penelitian ini bertujuan melaporkan pada hasil pengujian modul
dan instrumen pengambilan data oleh pakar dalam uji ahli lapangan sebelum
diujicobakan di lapangan serta secara melakukan validasi dan realibilitas data
terutama pada instrumen model evaluasi dan pengujian kualitatif model CIPP
program bimbingan dan konseling pada kurikulum merdeka tingkat SMK di
wilayah lahan basah.
Permasalahan terkait implementasi program BK pada kurikulum merdeka belajar
saat ini adalah masih minimnya pemahaman guru tentang konsep program BK
terutama pada kurikulum merdeka belajar, keterbatasan waktu dan tenaga guru
yang dapat mempengaruhi kualitas dan efektifitas program, kurangnya dukungan
dari pihak sekolah seperti fasilitas dan anggaran yang memadai serta peran kepala
sekolah dalam memotivasi guru untuk melaksanakan program. Namun, saat ini
tidak ada secara khusus model evaluasi program BK yang komprehensif dan telah
baku serta operasional untuk dapat digunakan oleh guru BK dalam melakukan
evaluasi rutin pada program BK.
Target khusus laporan kemajuan akhir penelitian ini adalah menghasilkan model
evaluasi CIPP yang telah dianalisis oleh pakar ahli yang telah diuji, memvalidasi
dan merealibilitas instrumen/pengambilan data skala Likert dengan sasaran siswa,
dan pengujian kualitatif pada instrumen/pengambilan data data observasichecklist sasaran Kepala Sekolah, Guru BK, Guru Bidang Studi/Mapel.
Metode dalam pencapaian tujuan penelitian ini adalah metode penelitian dan
pengembangan (R&D) dengan menggunakan model evaluasi CIPPO. Tahapan
penelitian meliputi: (1) pengumpulan data, (2) analisis kebutuhan, (3) desain dan
pengembangan model evaluasi, (4) uji coba dan evaluasi model, dan (5)
penyempurnaan model evaluasi.
Pada laporan akhir penelitian ini berada tahap bulan Oktober-November 2023
direncanakan untuk tahapan (2) hingga tahap (3). Penelitian ini sejalan dengan
renstra penelitian LPPM ULM pada bidang pendidikan dan seni budaya dalam
pengembangan teori dan model pendidikan yang sesuai dengan sosial budaya
masyarakat.