Repo Dosen ULM

Pengembangan Model Evaluasi CIPP untuk Program Bimbingan dan Konseling pada Kurikulum Merdeka Tingkat SMK di Wilayah Lahan Basah

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Nina Permata
dc.contributor.author Setiawan, Muhammad Andri
dc.contributor.author Makaria, Eklys Cheseda
dc.contributor.author Dinanty, Najwa Shabrina
dc.contributor.author Rahman, Gazali
dc.date.accessioned 2024-01-08T01:39:19Z
dc.date.available 2024-01-08T01:39:19Z
dc.date.issued 2023-12-01
dc.identifier.citation Sari, N.P., Setiawan, M.A., & Makaria, E.C. (2023). Pengembangan Model Evaluasi CIPP untuk Program Bimbingan dan Konseling pada Kurikulum Merdeka Tingkat SMK di Wilayah Lahan Basah. Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/33432
dc.description.abstract Laporan akhir penelitian ini bertujuan melaporkan pada hasil pengujian modul dan instrumen pengambilan data oleh pakar dalam uji ahli lapangan sebelum diujicobakan di lapangan serta secara melakukan validasi dan realibilitas data terutama pada instrumen model evaluasi dan pengujian kualitatif model CIPP program bimbingan dan konseling pada kurikulum merdeka tingkat SMK di wilayah lahan basah. Permasalahan terkait implementasi program BK pada kurikulum merdeka belajar saat ini adalah masih minimnya pemahaman guru tentang konsep program BK terutama pada kurikulum merdeka belajar, keterbatasan waktu dan tenaga guru yang dapat mempengaruhi kualitas dan efektifitas program, kurangnya dukungan dari pihak sekolah seperti fasilitas dan anggaran yang memadai serta peran kepala sekolah dalam memotivasi guru untuk melaksanakan program. Namun, saat ini tidak ada secara khusus model evaluasi program BK yang komprehensif dan telah baku serta operasional untuk dapat digunakan oleh guru BK dalam melakukan evaluasi rutin pada program BK. Target khusus laporan kemajuan akhir penelitian ini adalah menghasilkan model evaluasi CIPP yang telah dianalisis oleh pakar ahli yang telah diuji, memvalidasi dan merealibilitas instrumen/pengambilan data skala Likert dengan sasaran siswa, dan pengujian kualitatif pada instrumen/pengambilan data data observasichecklist sasaran Kepala Sekolah, Guru BK, Guru Bidang Studi/Mapel. Metode dalam pencapaian tujuan penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model evaluasi CIPPO. Tahapan penelitian meliputi: (1) pengumpulan data, (2) analisis kebutuhan, (3) desain dan pengembangan model evaluasi, (4) uji coba dan evaluasi model, dan (5) penyempurnaan model evaluasi. Pada laporan akhir penelitian ini berada tahap bulan Oktober-November 2023 direncanakan untuk tahapan (2) hingga tahap (3). Penelitian ini sejalan dengan renstra penelitian LPPM ULM pada bidang pendidikan dan seni budaya dalam pengembangan teori dan model pendidikan yang sesuai dengan sosial budaya masyarakat. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.subject Merdeka Belajar en_US
dc.subject Program Bimbingan dan Konseling en_US
dc.subject Peserta Didik en_US
dc.subject Konseli en_US
dc.subject Guru Bimbingan dan Konseling en_US
dc.subject Kurikulum en_US
dc.subject CIPP en_US
dc.title Pengembangan Model Evaluasi CIPP untuk Program Bimbingan dan Konseling pada Kurikulum Merdeka Tingkat SMK di Wilayah Lahan Basah en_US
dc.type Working Paper en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Buku [1503]
    Repositori untuk bidang buku

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account