Abstract:
. Tujuan jangka
panjang dan target khusus yang ingin diperoleh dari hasil penelitian ini nantinya untuk menemukan
kemampuan membuat pantun bahasa Banjar menggunakan media kartu melalui model think pair
and share siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Banjarmasin. Secara rinci, penelitian ini
berupaya menemukan aktivitas guru dan siswa dan respon siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut,
257
peneliti menggunakan metode kualitatif dengan ciri-ciri yang dikemukakan Danim (2002:60) yaitu (1)
Sumber data langsung berupa situasi alami dan penelitian merupakan instrumen kunci, (2) bersifat
deskriktif, (3) Lebih menekankan pada makna proses ketimbang hasil, (4) Analisis bersifat induktif,
(5) makna merupakan pendekatan utama dalam penelitian. Metode ini sangat tepat digunakan dalam
penelitian ini karena meneliti subjek dan dilakukan pada kemampuan membuat pantun bahasa Banjar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan media kartu
pada model Think Pair Share menunjukkan sebesar 89,08% kegiatan terlaksana dengan baik, (2) respon
siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Banjarmasin menunjukkan bahwa 81,2% sangat
setuju, 18,8% setuju, sedangkan tidak setuju dan sangat tidak setuju sebesar 0%, dan (3) kemampuan
menulis pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Banjarmasin menunjukkan bahwa nilai
rata-rata 25 siswa adalah 87 dengan kriteria sangat baik. Saran ditujukan pada pihak sekolah, guru,
siswa agar dapat melaksanakan pembelajaran secara kreatif dan inovatif dalam meningkatkan proses
pembelajaran keterampilan menulis.