Repo Dosen ULM

KEMAMPUAN MEMBUAT PANTUN BAHASA BANJAR MENGGUNAKAN MEDIA KARTU MELALUI MODEL THINK PAIR AND SHARE SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author ZULKIFLI
dc.contributor.author NOORTYANI, RUSMA
dc.date.accessioned 2023-06-15T00:00:33Z
dc.date.available 2023-06-15T00:00:33Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.issn 2089-0117
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/32784
dc.description.abstract . Tujuan jangka panjang dan target khusus yang ingin diperoleh dari hasil penelitian ini nantinya untuk menemukan kemampuan membuat pantun bahasa Banjar menggunakan media kartu melalui model think pair and share siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Banjarmasin. Secara rinci, penelitian ini berupaya menemukan aktivitas guru dan siswa dan respon siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, 257 peneliti menggunakan metode kualitatif dengan ciri-ciri yang dikemukakan Danim (2002:60) yaitu (1) Sumber data langsung berupa situasi alami dan penelitian merupakan instrumen kunci, (2) bersifat deskriktif, (3) Lebih menekankan pada makna proses ketimbang hasil, (4) Analisis bersifat induktif, (5) makna merupakan pendekatan utama dalam penelitian. Metode ini sangat tepat digunakan dalam penelitian ini karena meneliti subjek dan dilakukan pada kemampuan membuat pantun bahasa Banjar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan media kartu pada model Think Pair Share menunjukkan sebesar 89,08% kegiatan terlaksana dengan baik, (2) respon siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Banjarmasin menunjukkan bahwa 81,2% sangat setuju, 18,8% setuju, sedangkan tidak setuju dan sangat tidak setuju sebesar 0%, dan (3) kemampuan menulis pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Banjarmasin menunjukkan bahwa nilai rata-rata 25 siswa adalah 87 dengan kriteria sangat baik. Saran ditujukan pada pihak sekolah, guru, siswa agar dapat melaksanakan pembelajaran secara kreatif dan inovatif dalam meningkatkan proses pembelajaran keterampilan menulis. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya en_US
dc.subject membuat pantun, media kartu, model think pair and share en_US
dc.title KEMAMPUAN MEMBUAT PANTUN BAHASA BANJAR MENGGUNAKAN MEDIA KARTU MELALUI MODEL THINK PAIR AND SHARE SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH BANJARMASIN en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account