Abstract:
Penelitian terkait penerapan model learning cycle 3E terhadap keberlanjutan penguasaan konsep peserta didik pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkungan bertujuan: (1) mengetahui perbedaan keberlanjutan penguasaan konsep antara kelas eksperimen dengan model learning cycle 3E dan kelas kontrol dengan model ekspositori; (2) mendeskripsikan hasil implementasi model learning cycle 3E yang dapat meningkatkan penguasaan konsep dan keberlanjutan penguasaan konsep pada peserta didik di kelas VII SMP Negeri 14 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan pre-post test control group design. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling menghasilkan 24 orang peserta didik kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan 27 orang peserta didik kelas VIIG sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui tes soal pilihan ganda. Analisis data dilakukan dengan teknik uji analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, uji N-Gain dan uji hipotesis statistik (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan terhadap keberlanjutan penguasaan konsep pada peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol; (2) peserta didik di kelas eksperimen dengan model learning cycle 3E memiliki keberlanjutan penguasaan konsep yang lebih tinggi daripada peserta didik di kelas kontrol dengan model ekspositori.