Repo Dosen ULM

Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 3E Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungan Untuk Melatih Penguasaan Konsep dan Keberlanjutan Penguasaan Konsep di Kelas VII SMP Negeri 14

Show simple item record

dc.contributor.author Istyadji, Maya
dc.contributor.author Sauqina
dc.date.accessioned 2023-05-03T01:14:51Z
dc.date.available 2023-05-03T01:14:51Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.issn 2798-9224
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/30358
dc.description.abstract Penelitian terkait penerapan model learning cycle 3E terhadap keberlanjutan penguasaan konsep peserta didik pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkungan bertujuan: (1) mengetahui perbedaan keberlanjutan penguasaan konsep antara kelas eksperimen dengan model learning cycle 3E dan kelas kontrol dengan model ekspositori; (2) mendeskripsikan hasil implementasi model learning cycle 3E yang dapat meningkatkan penguasaan konsep dan keberlanjutan penguasaan konsep pada peserta didik di kelas VII SMP Negeri 14 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan pre-post test control group design. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling menghasilkan 24 orang peserta didik kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan 27 orang peserta didik kelas VIIG sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui tes soal pilihan ganda. Analisis data dilakukan dengan teknik uji analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, uji N-Gain dan uji hipotesis statistik (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan terhadap keberlanjutan penguasaan konsep pada peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol; (2) peserta didik di kelas eksperimen dengan model learning cycle 3E memiliki keberlanjutan penguasaan konsep yang lebih tinggi daripada peserta didik di kelas kontrol dengan model ekspositori. en_US
dc.publisher JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN TERAPAN en_US
dc.relation.ispartofseries Vol. 1 No. 1;89-96
dc.subject Penguasaan konsep, keberlanjutan penguasaan konsep, model learning cycle 3E , model eskpositori. en_US
dc.title Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 3E Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungan Untuk Melatih Penguasaan Konsep dan Keberlanjutan Penguasaan Konsep di Kelas VII SMP Negeri 14 en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account