Abstract:
Permasalahan lingkungan sering terdengar saat ini dikarenakan kegiatan manusia yang ceroboh dalam
meningkatkan kualitas hidup tanpa memperhatikan akibat yang ditimbulkan di masa yang akan datang.
Oleh sebab itu, diperlukan pendidikan untuk meningkatkan kesadaran akan lingkungan pada generasi
muda. Penelitian ini berawal dari kemampuan literasi lingkungan peserta didik yang masih rendah
sehingga diperlukan penerapan model Project Based Learning pada materi pencemaran lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi lingkungan peserta didik setelah
diterapkan model project based learning pada materi pencemaran lingkungan dan respon peserta didik
terhadap model project based learning pada pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan. Penelitian
ini menggunakan metode pre-experimental design dengan desain one-shoot case study. Sampel penelitian
sebanyak 28 peserta didik, yaitu kelas VII G. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes hasil, lembar kerja proyek, dan angket literasi lingkungan. Teknik
analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) validitas
rencana pelaksanaan pembelajaran sangat valid; (2) validitas tes hasil belajar sangat valid; (3) validitas
angket literasi lingkungan sangat valid; dan (4) terdapat peningkatan kemampuan literasi lingkungan
peserta didik yang signifikan