Repo Dosen ULM

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP LITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK

Show simple item record

dc.contributor.author Isyadji, Maya
dc.contributor.author Hafizah, Ellyna
dc.date.accessioned 2023-05-03T01:10:38Z
dc.date.available 2023-05-03T01:10:38Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.issn 2621-8755
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/30348
dc.description.abstract Permasalahan lingkungan sering terdengar saat ini dikarenakan kegiatan manusia yang ceroboh dalam meningkatkan kualitas hidup tanpa memperhatikan akibat yang ditimbulkan di masa yang akan datang. Oleh sebab itu, diperlukan pendidikan untuk meningkatkan kesadaran akan lingkungan pada generasi muda. Penelitian ini berawal dari kemampuan literasi lingkungan peserta didik yang masih rendah sehingga diperlukan penerapan model Project Based Learning pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi lingkungan peserta didik setelah diterapkan model project based learning pada materi pencemaran lingkungan dan respon peserta didik terhadap model project based learning pada pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan desain one-shoot case study. Sampel penelitian sebanyak 28 peserta didik, yaitu kelas VII G. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil, lembar kerja proyek, dan angket literasi lingkungan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) validitas rencana pelaksanaan pembelajaran sangat valid; (2) validitas tes hasil belajar sangat valid; (3) validitas angket literasi lingkungan sangat valid; dan (4) terdapat peningkatan kemampuan literasi lingkungan peserta didik yang signifikan en_US
dc.publisher Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE) en_US
dc.relation.ispartofseries Vol. 5, No. 1;56-62
dc.subject pembelajaran IPA, literasi lingkungan, project based learning en_US
dc.title PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP LITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account