Abstract:
Telah dilakukan penelitian untuk meningkatkan self-efficacy dan
kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui model pembelajaran Project
Based Learning (PjBL) pada materi sistem koloid. Penelitian dirancang
dengan metode penelitian tindakan kelas, dengan 2 siklus dengan 4 kali
pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri
5 Banjarmasin dengan jumlah 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
(1) aktivitas guru menunjukkan kategori cukup aktif pada siklus I menjadi
aktif pada siklus II, (2) aktivitas peserta didik menunjukkan kategori cukup
aktif pada siklus I menjadi aktif pada siklus II, (3) self-efficacy peserta didik
menunjukkan kategori cukup baik pada siklus I menjadi baik pada siklus II,
(4) kemampuan berpikir kritis menunjukkan kategori cukup kritis pada siklus
I menjadi kritis pada siklus II, (5) hasil belajar kognitif menunjukkan kategori
sedang pada siklus I menjadi tinggi pada siklus II, (6) peserta didik
memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan model
pembelajaran project based learning.